3 Indikasi Ban Mobil Harus Segera Diganti Agar Berkendara Tetap Aman

Perawatan mobil tidak hanya mengenai mesinnya saja, tetapi juga komponen pendukung lainnya, seperti ban mobil. Seiring dengan intensitas penggunaannya, ban mobil pastinya akan mengalami penurunan performa. Namun harganya yang cukup mahal membuat banyak orang cenderung menunda untuk menggantinya. Itulah sebabnya, jika Anda saat ini sedang cari mobil bekas ada baiknya memeriksa kondisi ban sebelum membelinya. Setidaknya Anda bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli ban baru jika kondisinya masih baik.

 


Meskipun tidak ada patokan berapa lama ban mobil harus diganti, namun Anda bisa mempertimbangkan 3 indikasi berikut ini.


  1. Ban Mobil Sudah Lebih Dari 10 Tahun

Banyak sumber yang mengatakan bahwa umur maksimum ban adalah sepuluh tahun. Jika sudah melebihi sepuluh tahun sejak tanggal produksi, sebaiknya segera ganti ban mobil Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun ban mobil terlihat masih bagus dan layak untuk digunakan, namun Anda tetap harus menggantinya. Hal ini berlaku pula untuk ban cadangan. Jika mobil Anda adalah mobil bekas, maka bisa tanyakan pada pemilik sebelumnya kapan terakhir kali ban mobil diganti.

 

  1. Periksa Indikator Keausan Ban

Lakukan pemeriksaan pada ban mobil Anda untuk mengetahui kondisinya, apakah masih layak pakai atau harus segera diganti. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa indikator keausan ban yang bisa dilihat dari telapak ban tersebut. Jika telapak ban mobil Anda sudah mulai menipis, tandanya sudah saatnya untuk mengganti ban. Meskipun kondisi keausan telapak ban tidak merata, Anda tetap harus menggantinya dengan yang baru.

 

  1. Periksa Kondisi Fisik Ban Mobil

Selain memeriksa indikator keausan ban, penting pula untuk memeriksa kondisi fisik ban mobil. Tingginya intensitas penggunaan mobil dapat menyebabkan kerusakan fisik pada ban, baik pada bagian dinding samping ban maupun telapak ban. Kerusakan yang umum terjadi adalah adanya goresan pada titik-titik tertentu.

 

Kondisi semacam ini dapat terjadi karena usia pemakaian, kondisi jalanan yang rusak,  hingga benturan dengan benda keras. Jika tidak segera diganti, ban yang kondisi fisiknya sudah rusak dapat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Setelah Anda mengganti ban dengan yang baru, jangan lupa segera lakukan spooring and balancing, karena jika tidak maka ban akan cepat rusak dan Anda harus menggantinya kembali.

Perawatan Ban Mobil untuk Memperpanjang Umur Pakai

Ban mobil yang dirawat secara tepat nyatanya bisa memperpanjang umur pakai. Perawatan ini meliputi tekanan ban, indikator keausan ban, spooring, dan masih banyak lagi. Untuk memperpanjang umur pakai ban, Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala oleh ahlinya.


Setidaknya setelah digunakan selama lima tahun, ban mobil membutuhkan pengecekan secara menyeluruh. Dengan begitu, kondisinya dapat terpantau dan Anda bisa mengetahui apakah sudah saatnya mengganti ban atau belum. 

Post a Comment

0 Comments